Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Toyota Prius Mobil Listrik dan bensin


Toyota Prius adalah Kendaraan listrik hibrida komersial pertama yang diproduksi massal. Diproduksi oleh Toyota, Prius dijual pertama kali di Jepang pada 1997.Mobil ini diperkenalkan ke pasaran dunia pada tahun 2000 dan hampir 160.000 unit telah diproduksi untuk dipasarkan di Jepang, Eropa, dan Amerika Utara pada akhir 2003.


Dalam bahasa Latin Prius berarti "di depan". Prius (model tahun 2000-2003) disertifikasikan sebagai Kendaraan Emisi Super Ultra Rendah (bahasa Inggris: Super Ultra Low Emission Vehicle, SULEV) oleh Badan Sumber Daya Udara California (halaman belum tersedia).Badan Sumber Daya Udara California (California Air Resources Board, CARB).

Sedangkan model 2004nya disertifikasi sebagai Kendaraan Teknologi Maju Emisi Nol Sebagian (Advanced Technology Partial Zero Emission Vehicle, AT-PZEV).Mobil ini terpilih sebagai Mobil Terbaik Eropa untuk tahun 2005, mobil irit bensin ini juga sebelumnya terpilih sebagai Mobil Terbaik majalah Motor Trend. Prius juga memenangkan penghargaan Mobil Terbaik Amerika Utara pada 2004 dan pernah dinominasikan pada 2001.Produk ini dilepas ke pasar dengan kisaran harga Rp. 585 juta per unit pada bulan Agustus tahun 2009 lalu. Prius akan tersedia terbatas di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi).

Meski demikian, Joko Trisanyoto menegaskan di kota lain, konsumen dapat memesan melalui dealer setempat.Secara total ada 24 Toyota Prius yang kini secara resmi telah masuk ke Indonesia termasuk 13 yang telah berada di tangan pelanggan,dari keseluruhan unit-unit tersebut telah di-check keadaannya dan dinyatakan telah menggunakan perangkat lunak terbaru.Melanjutkan aktifitas terdahulu terkait pengumuman safety campaign yang melibatkan Toyota Prius generasi ke-3 di Indonesia untuk pembaruan sistem perangkat lunak pada sistem pengereman pada tanggal 10 Februari 2010, PT. Toyota-Astra Motor (TAM) menyatakan bahwa per tanggal 17 Februari 2010 semua Toyota Prius generasi ke-3 yang dipasarkan oleh TAM telah selesai diperbarui.

Harga Toyota Prius di Surabaya per 1 Februari 2010
Prius Gen 3 Hybrid = Rp. 595.000.000

Generasi ketiga Prius dibekali mesin bensin yang lebih besar dibanding dua generasi sebelumnya. Prius anyar ini menggendong mesin 1,8 liter menggantikan mesin 1,5 liter. Toyota mengatakan mesin baru Prius dapat disejajarkan dengan mobil-mobil berdapur pacu 2,4 liter. Tenaga dan torsi mesin naik 27% dan 23% dibanding pendahulunya, menjadi 99 hp dan 142 Nm. Sedangkan motor listriknya bertenaga 60 kw atau bertambah 10 kw ketimbang versi sebelumnya. Penggabungan tenaga mesin bakar dengan motor listrik menghasilkan total 136 hp, lebih besar 23 hp dari sistem sebelumnya. Dengan tenaga yang lebih besar, Prius dapat melaju beberapa ratus meter sampai 2 kilometer via mode EV (electric vehicle) dengan kecepatan 45 kpj, seperti sesosok mahluk siluman di tengah kota atau di daerah perumahan, karena tidak mengeluarkan suara.

Desain baru dashboard Prius berdampak meluaskan kabin depan sebesar 10 mm, sedangkan struktur belakang jok depan dirampingkan 30 mm demi menyediakan knee-room para penumpang belakang. Volume bagasi bertambah 30 liter menjadi 445 liter (jok belakang tegak).
Kita tak perlu lagi kunci untuk masuk ke dalam kabin dan tentunya menyalakan mobil. Sebagai gantinya adalah remote control dengan touch sensor di mana Anda tidak perlu mengoperasikan remote control untuk membuka pintu mobil. Tekan tombol Power, maka mobil siap meluncur.


Jadi kalau stock listrik saat perjalanan jauh habis maka bisa menggunakan bahan bakar bensin untuk penggantinya.Sangat menguntungkan bukan.
(Sumber : wikipedia indonesia; www.toyota.co.id)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar