Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

AMOLED (Active Matrix Organic light Emitting diode)

AMOLED merupakan singkatan dari active matrix organic light-emitting diode atau sering juga disebut dengan singkatan OLED, memiliki kesamaan dengan light-emitting diode (LED).

AMOLED memiliki kemampuan memancarkan cahaya yang kemudian ditangkap oleh lapisan film, dari bahan organik. Lapisan ini biasanya terbuat dari bahan polymer yang berisi bahan organik tersebut. Bahan organik tersimpan dalam baris dan kolom, membentuk matriks yang dapat menapilkan warna yang berbeda untuk masing-masing piksel.

OLED dapat digunakan sebagai layar televisi, display monitor PC dan juga display pada perangkat portable (PDA, Smartphone, ponsel dsb.).Keuntungan utama OLED dibandingkan dengan LCD adalah, pada OLED tidak memerlukan tambahan sinar backlight agar tampilan dapat terlihat oleh mata manusia.[]


SEOUL - Samsung Mobile Display (SMD) akan memamerkan generasi terbaru dari layar AMOLED yang rencananya akan ditampilkan pada pameran Consumer Electrincs Show 2011 di Las Vegas.

Nantinya, di pameran elektronik terbesar itu, SMD akan menawarkan tampilan pertama purwarupa AMOLED generasi terbaru pada 4,5 inci WVGA yang diklaim merupakan tampilan fleksibel yang paling maju di dunia.

Dikutip Tech Eye, Senin (3/1/2011), AMOLED baru ini akan menawarkan keuntungan yang berbeda atas layar LCD dan plasma kebanyakan, seperti warna yang lebih hidup, kontras tinggi dan konsumsi daya yang rendah.

Layar AMOLED 4.5 inci inil memiliki ketebalan hanya 2mm, berjalan pada resolusi 800x480 WVGA dan dapat diperpanjang ke radius satu sentimeter. Dikatakan bahwa pada WVGA, prototipe konsep baru menawarkan resolusi layar empat kali dari prototipe AMOLED sebelumnya.

Menurut pihak Samsung, hal ini berkat penggunaan substrat plastik baru yang dapat menahan suhu 450-500 derajat yang dibutuhkan dalam proses manufaktur.

Di teknologi AMOLED yang generasi sebelumnya plastik substrat yang diperlukan untuk produksi akan mencair pada suhu lebih dari 400 derajat selama proses manufaktur yang telah membuat produksi dalam skala besar mengalami kesulitan.

Dengan metode produksi baru yang telah dikembangkan, prototipe ini rupanya langkah besar terhadap produksi massal dan komersialisasi-atas layar AMOLED.

SMD juga akan melakukan debut inci AMOLED 19 qFHD Transparan yang dirancang untuk digunakan dalam monitor untuk PC dan TV.
untuk melihat videonya klik link: http://www.youtube.com/watch?v=f8S8tbQMp2k
sumber:
feedberry.com
youtube.com
okezone.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar