Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

GAME CONTROL

I. Pengertian Game Control.
Sebuah Game Control (permainan controller) adalah plug-in perangkat ke game atau sistem hiburan yang digunakan untuk mengontrol karakter yang dapat dimainkan atau objek dalam permainan komputer. Sebuah controller biasanya terhubung ke konsol permainan atau komputer melalui sebuah kawat, akord atau saat ini, melalui koneksi nirkabel. Kontroler yang telah diklasifikasikan sebagai pengendali permainan adalah keyboard, mouse, game pad, joystick dll.
Perangkat tujuan khusus, seperti roda kemudi selama mengemudi permainan dan senjata ringan untuk menembak permainan. Perangkat seperti mouse dan keyboard dapat ditiru dengan permainan pad melalui penggunaan program-program seperti 'JoyToKey' sebuah 'Xpadder'.
Fungsi utama permainan kontroler adalah untuk mengatur pergerakan / tindakan dari tubuh untuk memainkan objek yang ada di dalam sebuah video atau permainan komputer. Jenis pengendali yang digunakan dalam permainan tergantung pada genre permainan yang dimainkan (yaitu Steering Wheel untuk mengemudi kontroler game dll). Game controller termasuk keyboard, mouse, game pad, joystick, dayung, atau perangkat lain yang dirancang untuk bermain game yang dapat menerima input.


II. Pointing Device.
Pointing device atau alat penunjuk merupakan piranti yang digunakan untuk memilih data/perintah yang muncul di minitor dan banyak dimanfaatkan untuk aplikasi berbasis gambar. Contoh pointing device :
 Mouse
 Trackball
 Pointing Stick
 Touchpad
 Touch Screen
 Joystick
 Light Pen
 Digitizing Tablet

III. Jenis-jenis Game Control.
Ada beberapa jenis-jenis game control, yaitu :
1. Keyboard
2. Mouse
3. Joystick
4. Trackball
5. Touchpad
6. Light Pen
7. Digitizing Tablet
8. Image Scanner

Di bawah ini, akan diperjelas tentang jenis-jenis game control satu persatu.
Bagaimana mencari driver untuk pengendali permainan
Banyak permainan kontroler siap keluar dari kotak berkat yang ekstensif database driver yang tersedia kapal dengan Windows XP dan Vista. Dasar untuk kompatibilitas, hampir semua permainan saya dapat terhubung ke komputer Anda dan digunakan segera. Beberapa Namun, menawarkan fitur khusus yang memerlukan driver untuk beroperasi independen. Akibatnya, Anda harus mencari orang-orang untuk mendapatkan drive pengendali permainan anda untuk bekerja.

Ini adalah apa yang anda butuhkan:

Driver disertakan pada instalasi CD atau DVD

Pengendali permainan

1. Letakkan disk instalasi di komputer Anda disk drive. Disk ini akan selalu terus driver dibuat pada saat Anda membeli Anda kontrol, meskipun update driver mungkin tersedia. Selain itu, sebagian besar instalasi drive sekarang termasuk fungsi auto-start yang dimulai proses instalasi untuk Anda. Jika tidak, Anda dapat menemukan driver biasanya dalam "Drivers" folder pada disk.

2. Lakukan pencarian untuk driver di komputer Anda menggunakan "Cari" fungsi dalam menu Start. Dalam kotak teks ketik "*. Inf". Itu. Inf ekstensi file adalah tipikal driver ekstensi file, sehingga daftar lengkap driver akan muncul. Anda harus cari driver anda perlu oleh nama.

3. Kepala ke Control Panel pada PC anda dan pilih "Game Controller." Ini akan membuka jendela yang menampilkan semua yang sedang diinstal pengendali permainan. Klik game controller yang ingin Anda cari driver dan utilitas yang akan dibuka. Driver ditampilkan, serta pilihan untuk menghapus, atau menonaktifkan memperbaruinya.

4. Kunjungi website produsen untuk kontroler game. Setiap produsen utama memelihara sendiri database update driver dan mereka secara teratur.

5. Menemukan driver terbaru di DriverFiles. bersih (lihat Resources bawah). DriverFiles. bersih adalah website yang ditujukan untuk file driver untuk beraneka ragam produk dan periferal.

6. Pastikan Anda adalah driver sepenuhnya kompatibel dengan Microsoft Windows referensi oleh Microsoft website (Sumber lihat di bawah). Microsoft juga termasuk situs sumber daya untuk membantu anda memecahkan kesulitan Anda pengendali permainan dan periferal.

Petunjuk:

Perhatikan bahwa beberapa paket komputer dengan kapal pinggiran driver telah terinstal, sehingga lebih mudah untuk menggunakan pengendali permainan yang sudah disediakan. Jika Anda membeli PC khusus untuk gaming, maka akan cenderung memasukkan semua sudah diinstal, serta warna-kode sehingga Anda tahu persis di mana untuk menyambung itu.

Perlu diketahui bahwa menggunakan driver yang dikembangkan untuk pengendali permainan lainnya dapat menyebabkan konflik perangkat lunak dan bahkan mengakibatkan crash dan freezes dari komputer Anda. Selalu up-to-date menemukan driver untuk sistem anda dan menggunakan mereka sebagai gantinya.
Cara kerja game control di computer.
Tanpa Feedback:
Console => ADC => PORT=> DRIVER => PC
- Ketika Console (Game Controller) diberikan Input pada ADC (Analog to Digital Converter, rangkaian elektronik pada console) masuk melalui PORT (USB/SERIAL/PARALEL) lalu diterjemahkan oleh DRIVER berupa gerakan pada Software PC.

Dengan FeedBack(Contoh:Dual Shock):
Console <=> ADC <=> PORT<=> DAC <=> DRIVER <=> PC
- Sama dengan yg diatas, dengan tambahan ketika dari Software PC tersebut memberikan Output(Benturan pada Game) maka DRIVER mengolah & mengirim signal ke DAC (Digital to Analog Converter), lalu diteruskan melalui PORT ke Console (Getaran pada Dual Shock).
Memproses Joystick Device State.
lX, lY, lZ berisi posisi perpindahan koordinat sumbu x, y, z. Untuk menguji penekanan tombol, caranya sama dengan pada mouse yakni menguji elemen pada rgbButtons apakah high-ordernya diset 1.
type
TDIJoyState2 = packed record
lX : Longint; (* x-axis position *)
lY : Longint; (* y-axis position *)
lZ : Longint; (* z-axis position *)
lRx : Longint; (* x-axis rotation *)
lRy : Longint; (* y-axis rotation *)
lRz : Longint; (* z-axis rotation *)
rglSlider : array [0..1] of Longint; (* extra axes positions *)
rgdwPOV : array [0..3] of Cardinal; (* POV directions *)
rgbButtons : array [0..127] of Byte; (* 128 buttons *)
lVX : Longint; (* x-axis velocity *)
lVY : Longint; (* y-axis velocity *)
lVZ : Longint; (* z-axis velocity *)
lVRx : Longint; (* x-axis angular velocity *)
lVRy : Longint; (* y-axis angular velocity *)
lVRz : Longint; (* z-axis angular velocity *)
rglVSlider : array [0..1] of Longint; (* extra axes velocities *)
lAX : Longint; (* x-axis acceleration *)
lAY : Longint; (* y-axis acceleration *)
lAZ : Longint; (* z-axis acceleration *)
lARx : Longint; (* x-axis angular acceleration *)
lARy : Longint; (* y-axis angular acceleration *)
lARz : Longint; (* z-axis angular acceleration *)
rglASlider : array [0..1] of Longint; (* extra axes accelerations *)
lFX : Longint; (* x-axis force *)
lFY : Longint; (* y-axis force *)
lFZ : Longint; (* z-axis force *)
lFRx : Longint; (* x-axis torque *)
lFRy : Longint; (* y-axis torque *)
lFRz : Longint; (* z-axis torque *)
rglFSlider : array [0..1] of Longint; (* extra axes forces *)
end;
TJoystickInput
Kelas TJoystickInput merupakan turunan TBaseInput, tugasnya adalah menciptakan instance device joystick. Kelas ini akan menciptakan instance TJoystickData.
TJoystickData
TJoystickData mengelola proses pembacaan data dari joystick dan insialisasi data format joystick ke c_dfDIJoystick2.
TJoystickInput
Di kelas TJoystickInput yang kita override hanya Create, karena di konstruktor kita perlu menambahkan kode untuk menciptakan instance TJoystickData.
TJoystickInput=class(TBaseInput)
private
public
constructor Create;override;
end;
Implementasinya adalah seperti di bawah ini:
constructor TJoystickInput.Create;
begin
inherited;
FDIData:=TJoystickData.Create;
FDIData.Input:=self;
end;
Implementasi TJoystickData
Kelas TJoystickData sesungguhnya belum lengkap. Kelas ini baru memiliki fungsi-fungsi dasar untuk joystick, fungsi-fungsi pengelolaan data yang tergolong advanced seperti untuk joystick flight simulation atau steering wheel belum diimplementasikan. Di sini kita baru menambahkan metode untuk menguji penekanan tombol joystick (ButtonDown), serta property untuk mencatat koordinat X,Y, Z joystick dan koordinat rotasi RX, RY, RY.
TJoystickData=class(TDIData)
private
FBuffer:TDIJoyState2;
public
procedure Init;override;
function GetState:pointer;override;
function ButtonDown(const btn: byte): boolean;
published
property X:integer read FBuffer.lX;
property Y:integer read FBuffer.lY;
property Z:integer read FBuffer.lZ;
property RX:integer read FBuffer.lRx;
property RY:integer read FBuffer.lRy;
property RZ:integer read FBuffer.lRz;
end;
Implementasi kelas TJoystickData adalah sebagai berikut:
{ TJoystickData }

function TJoystickData.GetState: pointer;
var hr:HResult;
begin
if (FInput<>nil) and
(FInput.FDeviceObj<>nil) then
begin
hr:=FInput.FDeviceObj.GetDeviceState(
sizeof(TDIJoyState2),
@FBuffer);

if hr=DIERR_INPUTLOST then
FInput.Acquire;

result:=@FBuffer;
end else
result:=nil;
end;

procedure TJoystickData.Init;
var aformat:TDIDataFormat;
begin
inherited;
if (FInput<>nil) and
(FInput.FDeviceObj<>nil) then
begin
aformat:=c_dfDIJoystick2;
FInput.FDeviceObj.SetDataFormat(aformat);
end;
end;

function TJoystickData.ButtonDown(const btn: byte): boolean;
begin
result:=(FBuffer.rgbButtons[btn] and $80)=$80;
end;
Tidak terlalu jauh berbeda dengan kelas lain seperti TKeyboardData atau TMouseData.

1. Keyboard

1.1 Definisi Keyboard.
Keyboard adalah piranti masukan yang dapat mengubah huruf,angka atau code lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses oleh komputer. Keyboard teridiri atas tombol; pengetikan,angka,fungsi dan kontrol. QWERTY Keyboad pertama kali diciptakan oleh Christian Sholes tahun1860-an pada mesin tik manual. Di bawah ini adalah gambar dari keyboard pada laptop.

1.2 Bagian-bagian Keyboard.










1.3 Cara Kerja Keyboard.
a.Penekanan Keyboard menghasilkan arus listrik.
b.Processor mencocokkan lokasi koordinat x,y pada peta karakter di ROM.
c.Jika Pemakai menekan secara bersamaan,processor akan mencari keberadaan kombinasi tombol dalam peta karakter.
d.Peta karakter dapat di timpa dengan sebuah software.
e.Software yang menghendaki agar tata letak keyboard/Qwerty diubah menjadi Dvorak/Kombinasi kunci tertentu yang mempunyai arti berbeda.
f.Dvorak (sistem tata letak keyboard yang disusun berdasarkan kesering pakaian huruf.
g.Keyboard dilengkapi dengan typematic (processor akan mengenali penekanan tombol terus menerus)
1.4 Jenis-jenis Keyboard.
1)Keyboard 101-Key Enhanced.
2)Keyboard Windows 104-Key.
3)Keyboard Standart Apple 82-Key.
4)Keyboard Extended Apple 108-Key.
5)Keyboard Braille (Penyandang Cacat TunaNetara).

2. Mouse
2.1 Definisi Mouse.
Mouse digunakan untuk menunjuk data/perintah yang ditampilkan di layar minitor. Diciptakan Pertama Kali Oleh Douglas Engelbart (Stanford Research Institute). Nama Paten Pertama Kali Dari Mouse :“X-Y Position For A Display System. Kabel Penghubung Mouse; Standard Serial Mouse,PS2,Wireless/Nirkabel.
Sedangkan secara fisik, bentuk mouse sbb :
a.Mouse yang menggunakan bola dan scroll/penggulung layar.
b.Mouse yang menggunakan bola tanpa scroll/penggulung layar.
c.Mouse optic/laser yang menggunakan scroll/penggulung layar.
d.Mouse optic/laser yang menggunakan scroll/penggulung layer tanpa kabel.
2.2 Jenis Mouse.
Jenis Mouse ada dua, yaitu : Mouse Optomekanik & Mouse Optik.
 Mouse Optomekanik.
Mouse untuk mendeteksi gerakan tangan kita, untuk diubah menjadi sinyal yang dapat dikenali oleh processor. Cara Kerja Mouse Optomekanik ini adalah sebagai berikut ini :
 Sebuah bola terletak didasar mouse, bola akan bergerak ketika akan menggeserkan mouse.
 Dua buah roller berputar saat bola mouse bergerak, roller pertama ke sumbu X dan kedua ke sumbu Y.
 Ada sepasang piringan pada masing-masing roller, sehingga gerakan melingkar dapat dideteksi oleh mouse.
 Dengan adanya piringan, maka cahaya LED akan ditangkap secara terputus-putus oleh sensor infrared. Pulsa yang terputus-putus menandakan kecepatan geser mouse dan jarak penggeseran.
 Terdapat Chip yang dapat mengubah pulsa LED menjadi data BINER.
Cat :: Kekurangannya : debu yang masuk, harus selalu dibersihkan.
 Mouse Optik.
Cara kerja mouse optik ini adalah sebagai berikut :
 Menggunakan LED sebagai pengganti bola mouse.
 Cahaya LED akan dipantulkan ke permukaan alas sensor CMOS (Complimentary Metal-Oxide Semiconductor).
 Sensor mengirim gambaran ke permukaan DSP (Digital Signal Processor).
 DSP akan menganilisis gambar untuk menentukan jarak penggesearan mouse.
 Berdasarkan data analisis, komputer akan menggeser posisi kursor mouse pada layar.
Cat :: Kelebihannya : tidak ada bagian yang harus bergerak, sehingga kemungkinan kegagalan putaran tidak ada.
3. Joystick
3.1 Sejarah Joystick.
Joystick” mulai dikenal pada abad 20-an pada waktu itu nama joystick diartikan tongkat pengendali pesawat terbang.Kemudian joystick berkembang menjadi alat elektrik.2-axis joystick ditemukan di sekitar tahun 1944 di Negara Jerman. Alat ini dikembangkan untuk mengarahkan terbang layang pengeboman Henschel H 293 terhadap target kapal. Di sini, joystick digunakan oleh suatu operator untuk mengemudi proyektil ke arah targetnya. Joystick ini mempunyai tombol on-off dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan isyarat yang dipancarkan dari joystick kepada proyektil via radio.
Pada tahun 1960 penggunaan joystick menjadi tersebar luas dan berkembang ke industri pesawat udara modeling sistem radio-controlled, seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964). Kraft kemudian menyalurkan ide joystick kepada industri komputer dan para pemakai lain.
Pada tahun 1967 Ralph H. Baer, pencipta game video televisi dan Magnavox. kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan joystick analog,dan dua potensiometer untuk mengukur position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah joystick lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega. seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat, joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardwere).
3.2 Definisi Joystick.
Joystick merupakan salah satu perangkat keras (hardware) computer,dan pengertian dari perangkat keras komputer (hardware) itu sendiri adalah peralatan dari system computer yang secara fisik kita dapat lihat dan terjemah.
Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
3.3 Kegunaan dan fungsi Joystick.
Alat ini umumnya digunakan sebagai :
• pelengkap untuk memainkan permainan vidio yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
• untuk mengontrol permainan video.
• tuas control(joystick) juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.
• Untuk mempermudah gamers dalam bermain games.
3.4 Macam-macam Joystick.

• Joystick stir mobil : Jenis joystick diatas berbentuk seperti stir mobil dan berfungsi khusus untuk game balap mobil.

• Joystick berupa stick PS : Jenis joystick diatas digunakan untuk memainkan gama-game berjenis perang,seperti Call Of Dutil atau Modol Of Kondor.

• Joystick berupa stir pesawat : Jenis joystick diatas berbentuk lonjong ke atas dan berfungsi khusus untuk game pesawat terbang.

• Joystick PC dengan fungsi Turbo. Berbeda dengan joystick yang beredar dipasaran,Metal Strike 3D nama dari jenis joystick PC Turbo digunakan untk permainan simulasi penerbangan dengan desain 4 axiz dan juga memiliki Ailero,Elavator,Trottle,dan Control Power. Fungsi Turbo untuk pengulangan otomatis,bisa memainkan permainan pertarungan di udara dengan kemampuan menembakkan senjata otomatis yang baik. Metal Steike 3D memiliki 13 tombol.

• Joystick Controller. Joystick Controller mengunakan potentiometric. Saklar pada joystick controller digunsksn untuk menerjemahkan gerakan menjadi sinyal output. Joystick Controller terbuat dari plastic,nilon,nilon plastic,gelas penuh nilon,dan stainless steel. Selain untuk digunakan untuk permainan,joystick juga digunakan dalam bidang industry dalam menuntut kondisi lingkungan atau peralatan untuk tugas berat seperti forklift,crane,mesin pertanian,alat kerekan,kendaraan kemudi,excavator,dan kendaraan militer.
Presisi joystick controller digunaka untuk kemudi,posisi dan control kecepatan pada aplikasi,seperti control mikroskop. Joystick controller juga digunakan dalam control kamera,kursi roda,kamera pengintai,peralatan pengukuran optic,peralatan diagnostic medis,dan tahap teknik.
Permainan joystick digunakan dalam simulator penerbangan,video game,dan remote control. Dalam joystick ini ada 6 derajat kebebasan ( DOF ) sesuia dengan sumbu arah gerakan. Adapun arah yang mungkin yaitu x,y,z,yaw,pitch,dan roll. Dalam hal jenis protocol pada joystick ini,banyak jenis konektor yan tersedia. Contohnya Universal Serial Bus ( USB ),CANBUS,PROFIBUS,dan modulasi lebar pulsa ( PWM ).
3.5 Kelebihan dan Kekurangan dalam penggunaan joystick.
• Baik untuk tracking ( mengikuti objek yang bergerak di layar ).
• Mempermudah gamers dalam bermain game dalam mengarahkan kursornya.
• Joystick mudah rusak,jika terjadi kerusakan perbaikan joystick mahal.
3.6 Joystick Elements .


1. Stick
2. Base
3. Trigger
4. Extra buttons
5. Autofire switch
6. Throttle
7. Hat Switch (POV Hat)
8. Suction Cup
3.7 Beberapa contoh Joystick.
(Hori Joystick)
(Flight Joystick)
(Black Red Petri Joystick)
(The Arcade Turbo Joystick)
(USB Double Joystick)

4.Trackball

4.1 Definisi Trackball.
Fungsi trackball adalah untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis, penggesaran dilakukan dengan memutar bola trackball dengan tangan pemakai ke arah yang dikehendaki. Trackball banyak diterapkan pada komputer laptop untuk menghemat tempat gerak.


4.2 Prinsip kerja Trackball.
Prinsip kerja dari trackball hampir sama dengan mouse, perbedaan utama terletak pada konfigurasinya. Pada mouse operator harus menggerakkan seluruh badan dari mouse tersebut, sedangkan pada trackball badan dari trackball tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah yang menggerakkan bola untuk menunjukkan perpindahan kursor. Dengan demikian trackball cukup ditempatkan pada tempat yang sempit pada sebuah meja kerja.
5.Touchpad
5.1 Definisi Touchpad.
Piranti yang berupa datar guna menggeser penunjuk pada layar monitor dengan cara menggerakkan tangan di atasnya. Untuk melakukan klik cukup dilakukan dengan mengetuk touchpad tersebut. Alat ini banyak digunakan di komputer laptop.Lihat gambar dibawah ini :

5.2 Peran Touchpad.
Touchpad mempunyai peran penting pada laptop karena sebagai sensor pointing. Ada beberapa laptop/notebook masih menyertakan pointing stick, biasanya pointing stick berada di keyboard/papan ketik laptop (di antara tombol G, H, dan B) tapi untuk jenis laptop yg baru (dual core, core 2 duo) sudah mulai dihilangkan.
Ada beberapa tips agar touchpad awet :
• usahakan jari2 kita dalam keadaan kering. Bila tangan dan jari2 kita sering berkeringat lap lah dan sediakan tisu utk sesekali me-lap jari2. Sebab keringat mengandung garam sehingga akan mengurangi sensitivitas touchpad.
• jangan menyentuh touchpad jika jari2 berminyak (biasanya lupa kalo setelah makan gorengan, dll), karena minyak akan merubah warna dr touchpad dan akan mengurangi senstivitas touchpad.
• gunakan mouse usb/serial jika pekerjaan kita membutuhan pergerakan pointer panah dan berpindah2 cepat dengan mouse maka penggunaan touchpad berkurang.
• non aktif kan atau jangan sering menggunakan fungi klik di touchpad. Lebih baik gunakan tombol yang sudah disiapkan touchpad button (right or left click).
• setiap sehabis dipakai, lap lah touchpad dengan tisu. Jangan gunakan lap kasar atau basah.

6.Light Pen

6.1 Definisi Light Pen.
Light Pen adalah piranti penunjuk berupa pena dapat menghasilkan cahaya digunakan bersamaan dengan sebuah layar yang peka cahaya (fotoelektrik). Dapat digunakan menunjuk langsung ke layar untuk melakukan pilihan perintah yang di kehendaki.
6.2 Kegunaan Light Pen.
Pemanfaatan light pen yaitu, sebagai alat pengendali lalu lintas udara pada bandara, untuk menampilkan informasi lebih rinci mengenai sebuah pesawat dengan cara menunjuk obyek tertentu yang muncul pada radar.


7.Digitizing Tablet

7.1 Definisi Digitizing Tablet.
Piranti yang dapat mengkonversi gambar/foto menjadi data digital. Berbentuk papan plastik elektronis yang dilengkapi dengan mouse/pena elektronis. Dapat mengkonversikan gerakan tangan menjadi sinyal digital untuk masukan bagi komputer.
7.2 Kegunaan Digitizing Tablet.
Peranti ini banyak digunakan untuk penerapan dalam bidang computer-aided design(CAD), atau untuk menyalin gambar yang tersedia kedalam bentuk digital untuk diolah lebih lanjut. Peranti penunjuknya disebut stylus.


8.Image Scanner
8.1 Definisi Image Scanner.
Piranti yang dapat mengambil masukan data berupa gambar, foto, bahkan juga tulisan tangan. Hasil diubah menjadi sinyal digital dan dapat disimpan dalam disk. Dapat mengubah dalam bentuk format document.
Penemu scanner adalah Robert S. Ledley Ledley lahir di Newyork pada tahun 1926. Hingga akhirnya pada tahun 1943 lahirlah CT Scanner yang mampu memindai seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Mesin temuannya itu di namakan Automatic Computerized transverse Axial (ACTA).

8.2 Cara Kerja Image Scanner.

Ketika menekan tombol mouse untuk memulai Scanning, yang terjadi adalah :
 Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.
 Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
 Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
 Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
 Apabila hasil atau tampilan teks / gambar ingin dirubah, maka dapat merubahnya dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, Adobe dan lain- lain.

Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu :
 Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja.
 Scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warna-warna tersebut adalah merah, hijau dan biru.
 Scaner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi kurang bagus jika digunakan untuk reproduksi warna. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit / angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna). Jika membutuhkan hasil yang sangat baik maka dianjurkan menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.

8.3 Jenis-jenis Scanner Berdasarkan Manfaat dan Cara Penggunaannya.

1. Flat bed

Jenis ini banyak ditemui karena harga yang relative murah dan cocok untuk pemakaian pribadi. Scanner ini berbentuk persegi panjang, memiliki papan penutup, dan lapisan kaca tempat meletakkan gambar. Cara pengoperasiannya diletakkan secara mendatar.
Komponen Dalam Scanner Flatbed :
1.Alas kaca.
Alas kaca digunakan sebagai wadah dari gambar yang akan dibaca.
2.Sumber Cahaya.
Sumber cahaya berupa lampu dengan intensitas cahaya cukup tinggi akan menghasilkan cahaya yang diarahkan ke gambar.
3.Sensor sinal pantulan.
Jenis yang umum digunakan untuk jenis scanner flat bed adalah sensor CCD(charge-coupled devices). Alat ini berfungsi seperti mata yang akan membaca sinar pantulan dari gambar Untuk mengarahkan sampai ke CCD, cahaya pantulan dari gambar diarahkan dengan menggunakan sejumlah cermin dan lensa scanner.
4.Motor Stepper dan pita bergerigi.
Karena data dibaca baris perbaris, maka dibutuhkan motor stepper dan pita bergerigi untuk menggerakan lampu dan CCD.
5.Penutup.
Penutup digunakan untuk menghindari sinar luar yang masuk, sehingga data yang dibaca oleh CCD benar-benar data pantulan dari gambar yang sedang dibaca.

Selain komponen-komponen tersebut tentu masih ada banyak komponen lain, tetapi fungsi dan bentuknya dapat berbeda antara jenis scanner satu dan lainnnya.

2. Handheld
Jenis ini membutuhkan keterampilan yang lebih dari penggunanya. Pengguna dengan tangannya akan menggerakan scanner ini di atas gambar yang akan dibacanya. Karena proses pembacaan data oleh scanner sangat sensitif, maka gambar yang dihasilkan kualitasnya kurang baik, akibat kecepatan gerakan yang tidak rata. Umumnya scanner jenis ini bersifat monochrome, atau tepatnya hanya dapat menghasilkan warna hitam putih saja.

brain-computer interface


Emotiv Systems perusahaan yang berbasis di USA & Australia meluncurkan inovasi terbaru mereka dalam teknologi brain-computer interface dengan merilis produk kontroller yang diberi nama Epoc. Epoc ini didemonstrasikan pada event Game Developers Conference 2008 yang berlangsung dari tanggal 18-22 Februari di San Fransisco, USA.

Epoc yang sejatinya adalah sebuah neuro headset, merupakan sebuah instrumen yang serupa prinsip kerjanya dengan alat pembaca gelombang listrik otak yang biasa digunakan oleh dokter, yaitu EEG (Electro Encephalography). Seperti halnya EEG, Epoc juga membaca aktivitas listrik otak yang terjadi, kemudian menginterpretasikan rekaman aktivitas tersebut menjadi sebuah data yang dapat dimanfaatkan untuk memproses suatu perintah aplikasi.
evolusi gaming pada saat ini sedang melaju ke arah interaktivitas atau yang biasa di kenal dengan Virtual Reality. Pada game modern, masukan data data untuk pengendalian permainan dapat berupa pengenalan gerak atau analisa melaui citra video. Ada inovasi baru yang di kembangkan oleh Emotiv Systems Inc., yaitu kendali permainan melalui transmisi elektronis langsung dari otak manuisa.
Bersama-sama dengan IBM, Emotiv mengembangkan sebuah headset dengan banyka sensor yang dapat menangkap sinyal kerja otak manusia dan menerjemahkannya menjadi data digital. Selain untuk peripheral game, teknologi ini juga di kembangkan untuk keperluan industri. Alat tersebut bernama Emotiv Headset. Versi Alpha dari headset ini terlihat seperti sebuah helm yang terdiri dari banyak sensor yang menangkap sinyal dari otak yang dikonversi menjadi data digital melalui sinyal wireless 2.4GHz.
Emotiv dapat menangkap sinyal motorik dan kognitif. Pergerakan bibir, raut muka, perasaan senang, sedih atau kaget dapat di tangkap. Perusahaan kecil lainnnya yang menggunakan teknologi ini kebanyakan ditujukan untuk penyandang cacat. Tapi Emotiv merupakan yang pertama kali membuat teknologi ini dengan fungsi yang lebih luas. Kerjasama IBM dan Emotiv sudah berlangsung sekitar satu setengah tahun, tetapi sudah menunjukkan perkembangan yang baik.
Penggunaan Emotiv headset di kalangan korporat ternyata juga cukup di minati, dan IBM bekerjasama dengan Activeworlds Corp. membuat sistem yang memungkinkan konsumer korporat untuk mengadakan virtual meeting ataupun demo teknis melalui teknologi Virtual Reality baru yang mereka kembangkan ini. Sedangkan untuk pasar konsumen umum, headset yang layaknya digunakan untuk gaming atau hiburan interaktif ini akan dijual seharga 200 hingga 300 US dolar. Apakah Emotiv headset bisa menjadi inovasi baru di dalam dunia gaming?


Stix pengendali

"Stix-benar akan mengubah cara orang pengalaman online dan PC game," kata Brian Zheng, Presiden Playhut. "Pada saat pembelian, Stix akan kompatibel dengan ribuan online gratis eceran dan permainan, dan kami sedang menambahkan permainan ke daftar harian” Yang menyenangkan adalah dengan endless Stix, dan jangkauan yang luas-bebas, yang didukung permainan yang membuat produk ini cocok untuk setiap anggota keluarga. "
Dua versi Stix pengendali game akan tersedia di peluncuran - Stix 200 dan Stix 400The Stix 200 menambahkan aktif untuk game online game 2D, sedangkan Stix 400 mendukung kedua 2D dan 3D untuk lingkungan ultimate online dan Video untuk Windows pengalaman bermain game.
. Menurut perusahaan, "Sebagai pujian kepada Stix lini produk, GoLive2 juga telah meluncurkan gratis, game online portal disebut Sphere (http://Sphere.GoLive2.com) yang menyediakan ratusan games gratis untuk bermain dengan Stix pengendali. Sphere internal terdiri dari kedua-dikembangkan permainan yang dirancang khusus untuk Stix serta host dari permainan game online yang mendukung Stix pengembang. Sphere juga dilengkapi dengan mesin pencari yang menghubungkan pengguna ke ribuan kompatibel, pihak ketiga permainan online gratis. Selain itu, pengguna dapat mengkonfigurasi game favorit mereka ke penawaran Stix pengaturan..” Akhirnya, semua pengembang keterampilan tingkat memiliki kemampuan untuk menciptakan permainan yang baru baju zirah yang unik Stix gameplay pola. "
Baru GoLive2 Stix motion-sensing kontroler game dengan kemampuan layar sentuh akan tersedia di seluruh negara yang datang Agustus 2008, tapi harga belum diumumkan.
Wii MotionPlus
Jepang yang terkenal perusahaan permainan video, Nintendo telah memperkenalkan aksesori kecil yang melekat pada akhir video game Wii controller untuk meningkatkan kepekaan gerak, dinamakan sebagai Wii MotionPlus, bertujuan untuk meningkatkan pengalaman gaming Anda.


Menurut perusahaan, "Nintendo Wii MotionPlus mendatang aksesori untuk Wii Remote Controller revolusioner lagi mengubah mengendalikan permainan, dengan lebih cepat dan akurat mencerminkan gerakan dalam ruang 3-D. MotionPlus aksesori Wii menempel pada ujung Wii Remote dan, digabungkan dengan accelerometer dan sensor bar, memungkinkan pelacakan yang lebih komprehensif dari posisi lengan pemain dan orientasi, memberikan pemain dengan tingkat yang tak tertandingi presisi dan pencelupan. Setiap pemain membuat gerakan kecil dengan pergelangan tangan atau lengan mereka diterjemahkan identik secara real time di layar, 1:1 memberikan respon yang benar dalam bermain game.” MotionPlus aksesori Wii menegaskan komitmen Nintendo untuk membuat game intuitif dan dapat diakses untuk semua orang
The Nintendo Wii merupakan sistem yang luar biasa. Sekarang atas penjualan video game system. Cara sistem dirancang dan mengatur menjadikannya luar biasa populer di antara semua sistem video game. Kunci keberhasilan dalam adalah keunikan dalam PlayStation pengendali.

Ketika mengembangkan Nintendo Wii, perusahaan membuat keputusan untuk merancang sistem yang akan digunakan oleh berbagai orang. Sebagian besar lainnya Musicluvr menggunakan standar sistem kontrol yang memerlukan banyak menekan tombol dan penanganan kontrol. Nintendo Wii pengendali yang dirancang untuk digunakan oleh siapa saja, bahkan orang-orang muda, orang tua dan para penyandang cacat.

Nintendo Wii Controller Keuntungan

Kemudahan Fit - Sebagai hasil dari konsep desain ini, dengan kontroler Nintendo Wii dikembangkan. Pengendali ini dilakukan dengan mudah sesuai sawit di tangan Anda. Mereka dirancang untuk muat di tangan Anda seperti remote control. Mereka juga dapat digunakan oleh pengendali yang bergerak hanya di dalam tangan Anda, bukan hanya mendorong tongkat atau tombol.

Motion Sensitive Teknologi - Salah satu keuntungan terbesar dari Nintendo Wii pengendali adalah gerakan sensitif teknologi. Konsep ini sangat kuat karena didasarkan pada gerakan. Salah satu yang terbesar mengacu ke video game adalah fantasi kata aspek. Gerakan yang sensitif teknologi memungkinkan permainan pemain benar-benar untuk berpartisipasi dan berinteraksi dengan permainan. Hal ini dilakukan oleh simulasi sebenarnya kehidupan nyata gerak-gerik sebagai bagian dari permainan.

Add-On khusus Controller - Selain pengendali standar, ada add-on kontroler juga. Menambahkan pada kontroler yang memberikan lebih banyak pilihan bagi gerakan dan tindakan. Misalnya, dengan menambahkan pada kontroler Anda dapat menggunakan kedua tangan dalam tinju cocok. Anda dapat api yang busur dan anak panah. Anda dapat menavigasi melalui permainan yang lebih baik dan lebih efisien.

The bottom line is that the secret of the Wii sukses terletak dengan kontroler Nintendo Wii. Pengendali yang sangat unik untuk industri mereka menjadikannya sangat menarik. Dengan kontroler, Anda bisa dengan kontrol tanpa kabel, bergerak di sekitar dan ada interaksi penuh pada permainan. Ada beberapa permainan yang anda harus tekan tombol sementara bertujuan layar. Namun, bahkan dengan permainan, tombol-tombol yang besar, dapat diakses dan mudah digunakan.

Sebagai akibat dari kemudahan penggunaan, Nintendo Wii yang telah menarik banyak kelompok masyarakat tradisional yang tidak bermain video game. Banyak anak-anak dan bahkan orang tua yang biasanya tidak diasosiasikan dengan video game sekarang bermain dan menikmati mereka sebagai akibat dari pengendali. Bahkan beberapa permainan yang digunakan untuk terapi fisik bagi orang yang telah terluka.

Sebagai permainan terus tumbuh dan berkembang ada evolutions yang terus dilakukan dengan sistem. Misalnya, ada yang baru yang disebut kontrol keseimbangan papan. Kontroler ini adalah yang digunakan oleh game Wii Fit. Dewan membaca posisi tubuh Anda sehingga Anda dapat melacak kebugaran rutin untuk dibangun ke dalam permainan itu sendiri.

Berkat teknologi yang dikembangkan oleh Nintendo dengan kontroler Nintendo Wii ada potensi yang besar untuk masa depan game. Teknologi yang tersedia memungkinkan untuk serangkaian pilihan baru untuk masa depan game. Permainan yang dapat digunakan untuk membuat bahkan lebih berbagai jenis game perangkat input. Hal ini memungkinkan untuk jumlah yang besar pilihan ketika bermain video game

Nintendo telah membuat game controller yang menggabungkan fungsi remote control terbaru dengan teknologi motion-sensing. Hasilnya adalah Wii Remote, kadang-kadang disebut sebagai "wiimote". The Wii Remote Controller memungkinkan permainan pemain untuk berinteraksi dengan permainan yang dimainkan pada layar melalui Sensor optik dan sistem accelerometer. Misalnya, jika Anda bermain game yang mengemudi, Wii Remote yang akan bertindak sebagai roda kemudi, sementara dalam permainan tenis menjadi sebuah raket tenis. Wireless controller pulses informasi ke konsol Wii, menggunakan teknologi bluetooth. Teknologi yang sama juga memungkinkan Wii Remotes lainnya yang akan digunakan untuk bermain game yang sama, sehingga membuat game Wii benar-benar pengalaman multi-player.

Nintendo telah merilis sebuah aksesori untuk Wii Remote, disebut Wii Motion Plus. Plugs ini meng-upgrade ke dalam Wii Remote dan meningkatkan fungsi-nya oleh mendeteksi gerakan manusia lainnya, seperti berpilin dari pergelangan tangan. Kelebihan ini akan segera dilihat oleh pedang cahaya-pemain yang baru "Star Wars" dan permainan bagi mereka yang bermain permainan Frisbee. Yang sangat sensitif Wii Motion Plus akan paket dengan Wii Sports Resort yang akan ditambahkan permainan seperti pedang berjuang dan jet ski. The Wii Remote Nintendo telah membantu untuk mengejar ketinggalan dengan Microsoft Xbox 360. Tepi ini harus terus dengan melepaskannya di Nintendo Wii Speak mikrofon untuk mengikat dengan yang baru Animal Crossing permainan. Ini, digabungkan bersama Wii Music, akan memberikan banyak pemain Wii berbagai permainan berbeda yang dapat dipilih.

The Wii tidak hanya perangkat permainan yang besar tetapi juga yang besar untuk platform lainnya jenis media. Satu dapat mendengarkan musik dan banyak pemain Nintendo Wii ada bahkan mereka berpaling Wii mereka sendiri ke dalam bioskop. Secara pribadi, saya menemukan toko-biaya membeli Wii games terlalu mahal dan melihat ada cara lain untuk melakukan yang terbaik saya gunakan Wii konsol. Untungnya, saya telah menemukan tempat di mana saya mendownload unlimited film, game dan musik untuk Wii di samping tidak ada biaya.

Pengendali permainan sudah cukup berkembang sejak mesin permainan video populer pada akhir 1970-an. Kita bisa mengenal joystick, yang masih lazim digunakan untuk sistem permainan sampai sekarang.

Pada masa terakhir ini, inovasi pengendali permainan bisa ditemukan pada Nintendo Wii. Pengendali konsol permainan ini nirkabel, serta dapat mendeteksi gerakan tiga dimensi.

Para peneliti di tiga lembaga tersebut ingin mengembangkan lebih jauh hal-hal yang sudah dicapai dengan sensor gerak. Namun, alih-alih memantau gerakan tangan, mereka mencoba mendeteksi langsung dari otot manusia.

Sensor yang disebut sebagai elektromiografi (electromiography) atau pencatat sinyal listrik otot ini diharapkan melampaui sensor gerakan yang ditemukan pada pengendali permainan seperti Wii. Para peneliti itu menaruh sensor di lengan pengguna, yang kemudian mendeteksi pergerakannya.

Lalu apa bedanya dengan pengendali biasa Menurut paper penelitian yang diajukan, alat seperti ini tidak mengharuskan penggunanya untuk memegang atau memanipulasi peralatan khusus. Pengguna dapat memanipulasi mesin dari jauh, meskipun tangannya sedang memegang benda lain seperti tas atau gelas. Sensor otot itu sendiri seperti pakaian, jadi tidak menghalangi pengguna memegang benda lain.

Sensor otot ini memungkinkan berbagai penggunaan, misalnya mengganti lagu di pemutar MP3 hanya dengan isyarat otot, atau membuka pintu dari jauh meskipun tangan penuh dengan barang bawaan.

PlayStation 3
Pengendali permainan untuk game PlayStation 3 salah satunya adalah kemampuan Bluetooth. Ini berarti bahwa Anda dapat bermain game PlayStation 3 kabel. Ini akan memberi Anda lebih banyak kebebasan saat bermain dengan PlayStation 3 game. Sebagai contoh, jika Anda bermain games sepak bola, Anda bisa benar-benar berjalan di sekitar ruangan seperti bola atau pemain sepak bola yang hanya mencetak gol selama memegang kontroler PlayStation 3 Anda.
PlayStation 3 controller juga terintegrasi dengan multi-sumbu gerak sistem penginderaan teknologi yang akan memungkinkan Anda untuk mengontrol permainan secara real time dan dengan ketepatan maksimum. Dengan sistem ini, permainan controller akan benar-benar alami dari tubuh Anda.
Sistem PlayStation 3 juga memiliki fitur kompatibilitas ke belakang. Fitur ini akan memungkinkan Anda untuk bermain game lama Anda di PlayStation dan PlayStation 2 dengan konsol ini. Ini berarti bahwa investasi Anda dalam permainan lama Anda tidak akan sia-sia. Dengan PlayStation 3, Anda dapat memutar semua game PlayStation, PlayStation 2, dan PlayStation 3 . Bahkan, karena fitur HDMI PlayStation 3, itu bahkan akan lebih meningkatkan permainan lama Anda.
Bukan hanya itu, PlayStation 3 akan memungkinkan Anda untuk memutar film DVD, dan Audio CD. PlayStation bukan satu-satunya disc bahwa konsol permainan ini bisa bermain. Ini adalah konsol permainan yang juga sebuah DVD player dan CD player.

MaxFire Pandora Game Controller
Genius meluncurkan game pad controller terbaru berukuran compact dengan warna cosmos yang diberi nama "MaxFire Pandora" yang didesain khusus untuk gamer baik yang menggunakan PC maupun notebook. Adanya ruang penyimpanan kabel USB di dalam game pad, membuat MaxFire Pandora nyaman untuk dibawa bepergian bersama notebook dan juga menghemat tempat.


MaxFire Pandora dilengkapi tombol dan navigasi standar sebuah gamepad plus fungsi Turbo dan 2 triggers
Layaknya game pad controller, MaxFire Pandora dilengkapi tombol-tombol aksi standar termasuk dua trigger serta fungsi “Turbo” untuk melakukan “Auto repeat” yang diyakini dapat memberikan user fungsi kontrol yang nyaman dan lengkap dalam bermain game, khususnya game-game action, shooting atau FPS (First Person Shooter).

Feature utama Genius MaxFire Pandora:
• Ruang penyimpanan kabel USB Cable untuk menghindari kabel kusut dan mudah untuk dibawa bepergian
• Fungsi Turbo untuk auto repeat dan juga turbo power
• Desian yang compact untuk pengguna mobile notebook
• 8-way D-pad dan 8 tombol aksi termasuk 2 triggers untuk kenyamanan fungsi kontrol pada game action/shooting dan FPS.

Untuk mobilitas serta kenyamanan dan kerapihan, MaxFire Pandora menyediakan ruang di dalamnya untuk meletakkan kabel USB

Manfaatkan stick PS untuk game computer.

Alat pengendali game untuk komputer ataupun Playstation yang lebih dikenal dengan joystick, memiliki desain yang tidak jauh berbeda. Boleh dikatakan tidak ada yang yang berbeda. Perbedaan antara kedua alat tersebut hanya terletak kedua alat tersebut hanya terletak pada jenis konektor yang digunakannya.
Jika pada komputer yang digunakan adalah serial, pararel, maupun USB,, maka pada PS Joystick yang mereka gunakan memiliki jenis konektor yang berbeda dengan semua jenis konektor yang digunakan di komputer.
Mungkinkah stick yang biasa digunakan pada PS dapat juga digunakan di game komputer.........
Secara normal tidak akan bisa. tapi jika kita bisa tambahkan satu buah jenis converter yang memungkinkan kita untuk menggunakan stick PS pada komputer yang kita gunakan. Dan converter ini dengan nama USB PS/PS2 Player converter.
Cukup mudah untuk menggunakan alat ini. Kita hanya perlu sedikit langkah untuk menggunakannya. Mengingat Windows XP merupakan sistem operasi Plug and Play, terkadang bahkan kita tidak perlu meng-Install driver, dan kita bisa langsung menggunakannya.ikuti langkah-langkah sederhana dibawah ini :

Langkah Pertama
Koneksikan USB PS/PS2 player converter pada komputer.

Langkah Kedua
Setelah itu, Install driver dari converter yang anda tancapkan tersebut. Ikuti perintah instalasinya.

Langkah Ketiga
Setelah proses Instalasi berhasil, sekarang tancapkan stick PS anda pada kedua ujung converter tersebut, seperti halnya anda tancapkan stick PS anda pada playstation pada umumnya.
dan sekarang anda bisa menikmati permainan komputer sebagaimana memainkan pada playstation.....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar