Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Khasiat Daun Sambung Nyawa


Latin= Gynura procumbens ( Lour.) Merr.
Famili: Asteraceae
Genus: Gynura
Spesies: Gynura procumbens ( Lour.) Merr.

Malaysia : Daun dewa, dewa raja, akar sebiak, kelemai merah, kacham a

kar.
Indonesia : Sambung njawa, ngokilo, daun dewa, kalingsir (Sundanese).
Cambodia : Chi angkam.
Thailand : Pra-kham dee khwaai, ma kham dee khwaai (Pattani), mu maeng
sang (Chumphon).
Vietnam : B[aaf]u d[aas]t, rau l[us]i, d[aa]y chua l[ef].
Sambung nyowo yang dalam bahasa indonesianya yaitu sambung nyawa.Aneh memang sebutan untuk daun ini.Karena khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai penyakit maka tak khayal orang jawa menamakan daun ini sambung nyowo.Daun Sambung nyowo merupakan buah yang tidak banyak orang tahu akan kehadirannya.Penyakit yang bisa disembuhkan juga termasuk penyakit yang akut,yang untuk kedokteran mengatakan sudah angkat tangan dengan kesehatannya.sifat alami herba ini adalah dingin dan netral. Khasiatnya antineoplastik dan sebagai penurun tekanan darah.

Sudah sejak lama masyarakat biasa mengobati hipertensi dengan obat tradisional. Lihat saja, ada banyak obat tradisional maupun fitofarmaka untuk mengobati hipertensi yang beredar di pasaran. Selain sambung nyawa, herbal yang biasa dikonsumsi untuk menurunkan hipertensi, yakni seledri, belimbing wuluh, bawang putih, dan mengkudu.Masih juga Daun Sambung Nyawa oleh sebagian masyarakat Indonesia digunakan sebagai obat kanker kandungan, payudara dan kanker darah dengan memakan 3 lembar daun segar sehari selama 7 hari. Pengobatan tersebut dapat diperpanjang selama 1-3 bulan tergantung dari keadaan penyakit (Meiyanto, 1996).

Berbagai pengakuan yang muncul di tengah masyarakat akan khasiat sambung nyawa sebagai pereda hipertensi ini menantang kalangan ilmuwan maupun akademisi untuk membuktikannya secara ilmiah. Bukan hanya di dalam negeri, penelitian tentang khasiat daun sambung nyawa juga lakukan para ahli di negara lain seperti Malaysia, Singapura, dan Korea Selatan.
Penelitian tentang khasiat daun sambung nyawa untuk mengendalikan tekanan darah antara lain berjudul Uji Efek Hipotensif Gynura procumbens (Lour) Merr pada Tikus Jantan oleh Endang Hardini (Puslitbang Farmasi, Departemen Kesehatan RI) dan Significant Suppressive Effect of Gynura procumbens on Hypertension in Hypertensive Rats oleh Hee Jae Lee dari Department of Pharmacology, College of Medicine, Kyung Hee University, Seoul, Korea. Penelitian Hee Jae Lee dan kawan-kawan dilakukan pada tikus jantan dewasa. Selama empat minggu tikus-tikus itu diberi ekstrak daun sambung nyawa (500 mg/kg).

Daun tanaman Sambung Nyawa mengandung senyawa flavonoid, sterol tak jenuh, triterpen, polifenol dan minyak atsiri (Pramono and Sudarto, 1985). Hasil penelitian lain melaporkan bahwa tumbuhan ini mengandung senyawa alkoloid, flavonoid, tanin, saponin, steroid, triterpenoid, asam klorogenat, asam kafeat, asam vanilat, asam para kumarat, asam p-hidroksi benzoat (Suganda et al., 1988), asparaginase (Mulyadi, 1989).

Hasilnya, tidak ditemui toksik dan ada penurunan tekanan darah secara berarti. Hasil penelitian tersebut menjadi dasar bagi beberapa produsen untuk
meneliti dan mengolah daun sambung nyawa sebagai obat tradisional. Ada juga dalam bentuk food supplement. Biasanya ke dalam food supplement ini sudah ditambahkan beberapa komponen lain yang mendukung terjadinya efek sinergi dari sambung nyawa dan komponen tambahan tadi. Selain untuk menjaga tekanan darah, daun sambung nyawa mempunyai efek lain, seperti mengendalikan kadar gula darah, menurunkan kolesterol, mencegah gangguan pencernaan, dan mengurangi peradangan (antiinflamasi).

Namun, konsumen diharapkan berhati-hati dan memastikan produk itu aman dengan mencermati komposisinya. Pastikan ekstrak tersebut tidak dicampur bahan kimia apa pun, sehingga khasiat alami sambung nyawa tetap terjaga. Berdasar kenyataan, ada benarnya daun ini dinamakan sambung nyawa karena khasiatnya yang banyak bagi kesehatan, sehingga seolah-olah dapat menyambung nyawa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Ambari mengatakan...

Ada teman yang hipertensi mengkonsumsi daun sambung nyowo ini dan hasilnya sangat bagus, Tanamannya sendiri di tanam di belakang rumah sehingga tidak repot kehabisan sebab cuma 3 lembar per hari.

liseum mengatakan...

Yang butuh daun dan bibit tanaman sambung nyawa bisa hubingi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim ke seluruh Indonesia @Trims Prabowo JOgja

Posting Komentar